Tempat Wisata Maluku Utara

Daftar tempat wisata di Maluku Utara paling terindah dan terpopuler. Maluku adalah salah satu tempat di Dunia yang penuh dengan keindahan alam yang beragam. Di Indonesia sendiri, para wisatawan lokal banyak yang menandai Maluku sebagai tempat wisata terbaik di Indonesia.
Maluku di bagi menjadi beberapa wilayah salah satunya adalah Maluku Utara. Maluku bagian utara ini merupakan provinsi di Maluku dengan tempat wisatanya yang menarik perhatian

1. Gunung Gamalama
Gunung Gamalam adalah salah satu tempat wiasata di Maluku Utara terbaik yang wajib dikunjungi bila datang ke Maluku Utara. Gunung unik ini memiliki tempat berdiri yang indah di mana gunung ini berada di tengah laut dan sangat indah di tatap dari jauh. Tempat wisata di Maluku Utara ini ternyata memiliki satu desa yang masih bertahan di kaki Gunung Gamalama yang di konfirmasi sebagai gunung berapi aktif bernama Desa Marikurubu yang memegang erat adat setempat mereka.
2. Desa Marikurubu

Selain gunungnya yang bagus untuk di pandang, destinasi tempat wisata di Maluku yaitu Desa Marikurbu menjadi tempat pertama yang harus di kunjungi jika berada di wilayah Gunung Gamalama. Desa yang terkenal dengan dengan perkebunan cengkehnya yang luas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, yang paling menarik adalah konon adanya pohon cengkeh tertua yang telah hidup selama 400 tahun.

3. Pulau Morotai
Tempat wisata di Maluku Utara selanjutnya adalah sebuah pulau yang terkenal akan sejarahnya. Pulau dengan hamparan daratan ini menjadi salah satu tempat wisata di Maluku Utara yang menjadi pilihan para wisatawan. Konon dulu wilayah ini sempat menjadi tempat markasa pasukan Jepang,  namun kemudiaan di ambil kembali oleh sekutu. Selain itu, destinasi wisata di Maluku Utara ini menjadi buruan para diving dunia. Karena Pulau Morotai memiliki banyak peninggalan harta oleh orang dulu yang tenggelam di lautan.

4. Pulau Halmahera

Pulau terbesar di Maluku Utara ini juga menjadi tempat wisata di Maluku Utara terpopuler karena panorama alam darat dan lautnya yang mempesona mata. Pulau ini juga memiliki beberapa gunung yang masih aktif dan orang-orang desa dengan adat yang masih sangat terpelihara. Bentuk pulau ini hampir sama dengan pulau Sulawesi namun dengan ukuran yang lebih kecil.

5. Masjid Sultan Ternate
Objek wisata di Maluku Utara terbaik yaitu sebuah masjid tua yang di bangun sekitar tahun 1600-an silam dulu. Masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata di Maluku Utara terbaik karena memilki bentuk yang unik di mana lebih mirip dengan tumpang limas. Setiap tumpang  Masjid Sultan Ternate memiliki ukiran terali sebanyak 360 buah.

6. Kedaton Sultan Bacan
Kedaton adalah objek wisata di Maluku Utara bersejarah. Di mana kedaton ini dulunya adalah tempat kediaman sultan terdahulu sebelum Sultan Bacan. Bangunan yang berdiri kokoh menjadi dan berjuta sejarah ini menjadi primadona wisatawan yang berkunjung ke Maluku. Apalagi di tambah bangunan ini masih terbilang asli tanpa di ubah oleh manusia kecuali bagian atas atap yang di perbaiki pada tahun 2003 silam.Tak heran rasanya jika kedaton ini menjadi tempat wisata di Maluku Utara bersejarah dan terpopuler.

7. Air Terjun Cibi Cebi
Destinasi wisata di Maluku Utara ketujuh adalah tempat terpopuler dan paling ramai dikunjungi yaitu Cibi Cebi. Objek wisata tersebut merupakan air terjun dengan tinggi 14 meter. Air yang mengalir dari air terjut tersebut ke Sungai Waci kemudian berkumpul ke muara Pantai Halmahera. Untuk sampai ketempat ini, anda perlu naik perahu selama kurang lebih setengah jam dari Waci yang berjarak sekitar 7 kilometer jauhnya.

8. Batu Angus
Salah satu tempat wisata di Maluku Utara terpopuler adalah Batu Angus. Kenapa di katakan Batu Angus?. Karena objek wisata di Maluku Utara satu ini merupakan wilayah dengan aliran lava, namun sudah membeku. Batu Angus ini terbentuk setelah meletusnya Gunung Gamalama sekitar tahun 173. Lava yang membeku ini kemdian membentuk sebuah batu berwarna hitam seperti hangus terbakar. Oleh karena itu destinasi wisata di Maluku Utara ini di sebut sebagai Batu Angus. Jika anda berkunjung ke sini, di jamin rasa penat berjalan akan terbayarkan oleh keindahan alam yang memepesona dan seolah olah akan membawa anda ke era meletusnya Gunung Gamalama.

9. Goa Sagea
Banyak sekali tempat wisata di Maluku Utara yang merupakan goa. Untuk ke goa Sagea ini anda dapat menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer dari Kec. Weda di Halmahera Tengah. Terbilang sebagai goa yang unik karena memiliki pemandangan indah dan unik. Mulut goa ini sebesar 20 meter dan panjang sekitar 30 kilometer, membuat Goa Sage menjadi tempat wisata di Maluku Utara terbaik.

10. Benteng Oranje
Satu lagi tempat wisata di Maluku Utara paling bersejarah, yaitu Benteng Oranje. Benteng ini di bangun pada masa pemerintahan belanda silam yang telah berdiri semenjak sekitar tahun 1607.  Saat itu Beteng ini di tinggali oleh VOC dan dijadikan markas utama setelah berpindah dari Jakarta sekitar tahun 1619 silam. Sampai sekarang Benteng Oranje akan di kenal sebagai tempat wisata dengan sejarahnya yang dalam di Maluku khususnya Maluku Utara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata di Mesir

Tempat Wisata Swedia

Tempat Wisata di Portugal